Apa Itu Internet Marketing Dan Tips Memasarkan Produk Lewat Internet

| |
Apa Itu Internet Marketing Dan Tips Memasarkan Produk Lewat Internet

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah internet marketing, strategi pemasaran dan produk yang diiklankan melalui internet, istilah tersebut mempunyai tujuan, promosi, meningkatkan penjualan dan mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa yang kami sediakan. Dibandingkan dengan penjualan tradisional, era serba digital saat ini merupakan metode yang paling menguntungkan dan efektif karena cakupan pasarnya yang lebih luas.

 

Internet Marketing 

Strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.

Narasi: Anggi memiliki bisnis fashion. Untuk memasarkan produknya, ia memanfaatkan internet dengan membuka toko online. Selain membuka lapak di beberapa marketplace dan e-commerce, ia juga memiliki website khusus berisi katalog produk untuk calon pembeli yang ingin berbelanja langsung ke toko mayanya.

Pengertian Internet Marketing

Nah, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan kegiatan macam di atas bukan? Itulah yang dinamakan dengan internet marketing—yakni strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.

Di era digital seperti sekarang, internet marketing memang dianggap sebagai metode berjualan yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan marketing tradisional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran online marketing bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.

 

Tujuan Internet Marketing

1. Memikat calon konsumen

Penetrasi internet yang semakin baik dari tahun ke tahun membuat konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi barang dan jasa yang mereka butuhkan, penggunaan platform online untuk mempromosikan merupakan cara yang paling tepat untuk menarik perhatian pelanggan, cakupan pasar yang dijangkau pun akan lebih luas.

 

2. Mempertahankan dan memelihara hubungan dengan pelanggan

Kesulitan untuk mencari pelanggan baru lebih tinggi jika dibandingkan membuat pelanggan lebih setia, dengan membagikan informasi produk baru melalui media sosial akan sangat efektif menjangkau hubungan dengan konsumen. Konten yang informatif mengenai produk barang dan jasa yang kita informasikan lebih mudah di terima oleh konsumen.

 

Dalam internet marketing erat kaitannya menggunkan media agar proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, antara lain:

1. Website
2. Artikel-artikel SEO
3. E-commerce
4. Email marketing
5. Search Engine Marketing
6. Social Media Marketing
7. Systemize Follow-up
8. Sales

9. Memanfaatkan google bisnis

10. Bekerja sama dengan influencer

 

Semakin banyak elemen yan di pakai maka peluang kesuksesan yang kita raih, anda tidak perlu menggunakan semua elemen tesebut namun pemanfaatan elemen marketing di sesuaikan dengan target pasar.

Pemasaran menggunakan internet marketing memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
1. Tipe promosi lebih fleksibel, bisa lewat artikel, update blog, status media sosial, dll

2. Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja.
3. Komunikasi dengan konsumen lebih responsif semakin banyak ecomerce menyediakan layanan pelanggan 24 jam.

4. Terjadi komunikasi banyak arah bauk penjual maupun pembeli mengenai informasi produk.
5. Internet marketing bisa menjadi solusi untuk mengenalkan produk ke masyarakat

 

Beriktut beberapa keunggulan menggunakan Internet Marketing1.

1. Memiliki waktu tak terbatas untuk melakukan pemasaran jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

2. Jangkauan pasar lebih luas menjangkau secara nasional bahkan dunia. 

3. Menghemat biaya yang akan mempengaruhi keuntungan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

4. Langsung menjalin hubungan dengan konsumen melalui live chat, email dll.

5. Resiko yang terjadi bisa diminimalisir, seperti kebakaran, bencana alam, pencurian seperti yang menimpa pada toko fisik

6. Secara langsung pesaing masih sedikit.

 

Jika anda ingin memulai bisnis menggunakan internet marketing point yang perlu anda fokuskan adalah

 

1. Memahami konsep dan aplikasi Digital Marketing untuk bisnis.

2. Membuat rencana target pemasaran, pilih konsumen sesuai target pasar. 

3. Merekrut staff atau partner digital marketer.

4. Mengolah data hasil informasi kerja berupa evaluasi kerja perusahaan.

5. Fokus membangun management dan marketing perusahaan.

 

Orang yang menangani pekerjaan Digital Marketing disebut sebagai seorang Digital Marketing Manager ada beberapa jobdesk digital marketer yang akan sering kita temui, sebagai beriktut

 

1. Digital Strategist seorang yang bertanggung jawab membuat konsep ide campaign marketing

2. Social Media Strategist seorang yang bertanggung jawab membuat konsep dan merancang distribusi  content campaign marketing ke social media.

3. Social Media Specialist seorang yang bertanggung jawab memelihara engangement penggemar dan pelanggan produk melalui penyampaian content di social media.

4. SEO Specialist seorang yang bertanggung jawab melakukan optimasi ranking website bisnis di search engine.

 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Apa Itu Internet Marketing dan Tips Memasarkan Produk Lewat Internet. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :