Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Overheating Atau Restart Sendiri

| |
Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Overheating Atau Restart Sendiri

SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan artikel Bagaimana cara mengatasi laptop overheating atau restart sendiri.

Cara mengatasi komputer atau notebook yang restart karena overheating atau overheat, walaupun baterainya masih terisi penuh, komputer notebook merupakan perangkat elektronik yang desainnya mirip dengan PC atau personal computer, tetapi memiliki kelebihan tersendiri yaitu fleksibel dan mudah dibawa kemana-mana. Bahkan dengan segala kelebihan menggunakan laptop tentunya terdapat kelemahan seperti laptop mati dengan sendirinya atau tiba-tiba mati karena overheat atau biasa disebut overheating. Hal ini tentunya akan terjadi jika penggunaan laptop secara berlebihan menyebabkan perangkat di laptop menjadi panas.

Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop mati karena kepanasan atau kepanasan? 

Untuk mengatasi laptop yang mati karena terlalu panas akibat penggunaan masih bisa kita atasi dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Membersihkan Cooling Fan dari Debu

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang tiba-tiba mati karena penggunaan yang berlebihan bahkan karena baterai masih penuh dengan cara membersihkan kipas pendingin pada laptop. Silahkan kawan-kawan, bersihkan debu pada kipas pendingin. Fungsi utama dari kipas pendingin adalah membuang panas dari dalam. Saat debu mengendap di prosesor dan komponen lainnya, performa kipas pendingin ini tentunya akan berkurang.

2. Gunakan Alas Laptop Yang Benar

Sebagian orang menganggap bahwa alas laptop tidak terlalu penting, walaupun menggunakan alas laptop yang benar dapat membuat alas laptop mulus dan memancarkan panas dari laptop, namun terkadang orang-orang ini tetap menganggapnya tidak terlalu penting. Biasanya kita mencoba menggunakan alas laptop yang benar saat membeli laptop, namun penggemar kita juga harus menghindari penggunaan alas seperti bantal, selimut atau kasur, karena jelas membuat laptop mudah kepanasan atau kepanasan.

3. Jangan Terlalu Banyak Membuka Software Bersamaan

Kemudian, jangan terlalu banyak membuka software pada saat yang bersamaan, karena menggunakan lebih banyak aplikasi pada waktu yang bersamaan akan meningkatkan performa laptop dan membawa terlalu banyak panas ke komponen laptop.

4. Ganti Baterai dan Charger Laptop

Ketika laptop terlalu sering digunakan sampai keadaan overheat bukan tidak mungkin baterai dan charger pada laptop akan mengalami kerusakan atau biasa disebut dengan istilah ‘soak’ nah soak nya baterai laptop ini diakibatkan oleh terlalu panasnya suhu baterai apalagi jika menggunakan laptop dalam keadaan di charge, hal ini yang juga menyebabkan laptop mati sendiri ketika keadaan di charge walaupun indikator baterai menunjukkan kapasitas baterai masih 50% atau lebih.

5. Jangan Memaksakan Laptop Kerja Terlalu Berat

Berikutnya Cara Mengatasi Laptop Mati Karena Overheating atau Terlalu Panas Padahal Baterai Masih Penuh 2020 usahakan berikan sedikit jeda bagi sobat yang menggunakan laptop secara nonstop sama halnya dengan manusia yang perlu istirahat laptop juga demikian matikan laptop beberapa saat sehingga tidak menimbulkan panas berlebih hal ini bisa mencegah terjadinya overheat pada laptop.

6. Upgrade Komponen Laptop

Melakukan pembaruan atau upgrade komponen pada laptop rasanya wajib dilakukan jika sobat punya budget lebih untuk melakukannya seperti menambah kapasitas RAM ( Random Access Memory ) misalnya dengan demikian akan memberikan nafas lebih kepada laptop sobat.

7. Install Software Yang Sesuai Dengan Spesifikasi

Biasanya pemilik laptop mengabaikan keadaan ini, mereka akan “secara tidak sengaja” menginstall software tanpa terlebih dahulu mengecek apakah spesifikasi software tersebut cocok atau kompatibel dengan laptop yang mereka gunakan, karena terlalu banyak memasang software yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop tersebut. Memikat, itu akan membuat laptop. Terlalu panas karena terlalu banyak bekerja.

8. Gunakan Cooling Fan Eksternal

Langkah terakhir: cara mengatasi laptop rusak akibat overheat atau overheat Walaupun baterai masih penuh, paling tidak kamu bisa menggunakan kipas pendingin eksternal di laptop untuk mengurangi terjadinya laptop overheat, bisa membelinya di toko aksesoris komputer Fungsinya pun sama yaitu minimisasi akan menyebabkan laptop menjadi overheat, namun tentunya Anda harus membersihkan debu secara rutin agar kinerja kipas pendingin eksternal ini bekerja dengan baik.

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Bagaimana cara mengatasi laptop overheating atau restart sendiri. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :