Cara Belajar Coding Untuk Pemula

| |
Cara Belajar Coding Untuk Pemula

SeputarCoding.com - Di jaman semua yang serba digital ini, coding menjadi salah satu skill yang banyak dibicarakan akhir-akhir ini. Ada banyak sekolah coding yang baru didirikan dengan tujuan untuk mengajarkan anak-anak sejak usia dini untuk belajar coding. Selain itu, ada banyak kegiatan seminar untuk orang-orang yang sudah bekerja tetapi juga ingin belajar coding.

Sebenarnya, Anda juga bisa loh belajar coding di rumah. Di luar sana ada banyak website yang menyediakan materi pembelajaran. Sebelum kita bahas lebih lanjut, yuk bahas dulu apa itu coding dan apa yang perlu dipelajari.

Coding sebenarnya bisa dibilang sebagai istilah simple dari computer programming. Ini adalah kegiatan dimana Anda memberitahu komputer apa yang harus mereka lakukan untuk Anda. Sebuah kode bisa dianggap sebagai sebuah kalimat dalam bahasa sehari-hari. Setiap kode itu akan membantu komputer mengetahui dan mengerti apa yang ingin Anda lakukan di komputer. Komputer akan menerima instruksi ini dan mereka akan mengikuti apa yang tertulis. Jadi sebuah kumpulan instruksi kode bisa membuat sebuah program.

Dalam menulis kode untuk coding, Anda memang harus berhati-hati. Karena komputer adalah mesin, mereka hanya menerima saja kode yang Anda masukkan. Jadi, Anda harus benar-benar memperhatikan detailnya. Jangan sampai Anda memasukkan kode yang salah saat menulis kode. Kalau sampai ada kesalahan, Anda harus melakukan banyak debugging di kemudian hari.

Coding pada web development

Anda juga mungkin sudah tahu bahwa coding adalah bagian dari web development. Web development atau web programming sendiri adalah proses pembuatan sebuah website atau aplikasi dengan coding. Website-website inilah yang nantinya akan dikunjungi oleh orang-orang yang memiliki akses internet.

Web development sendiri memang terbagi menjadi dua:

  1. Web development biasanya digunakan untuk membahas bagian teknis pembuatan sebuah website. Ini juga dikenal dengan istilah back end development. Back-end artinya adalah bagian dari website yang tidak terlihat oleh pengguna dan pengunjung website.
  2. Web design adalah istilah yang digunakan untuk membahas bagian visual dari sebuah website. Karena bagian visual dan interaktif adalah bagian dari website yang dilihat oleh pengunjung dan pengguna website, web design juga dikenal dengan nama front end development.

Selain itu, kedua bagian proyek ini bisa juga dilakukan oleh satu orang yang sama, bertanggung jawab untuk mengatur fungsionalitas website dan juga merancang tampilannya. Dalam hal ini, mereka akan disebut pengembang full-stack, menggabungkan front-end dan back-end.

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa kita perlu tahu ini. Dengan mengetahui adanya back-end dan front-end, Anda akan dapat membahami jenis-jenis bahasa pemograman dengan lebih mudah.

 




Bagikan Artikel :