Memilih Webhosting Yang Bagus Untuk Web Atau Blog WordPress

| |
Memilih Webhosting Yang Bagus Untuk Web Atau Blog WordPress

Memilih Webhosting Yang Bagus Untuk Web

Saat ini, terdapat terlalu banyak penyedia web hosting, dan Anda dapat dengan mudah menemukan situs mereka di Internet. Anda dapat memilih penyedia web hosting dari luar negeri atau negara / wilayah Anda sendiri. Banyak juga penyedia layanan web hosting di Indonesia yang bisa kamu tempatkan di wordpress atau platform self-hosted lainnya. Karena terlalu banyak virtual host yang tersedia, Anda mungkin bingung, jenis virtual host mana yang akan Anda pilih, dan dalam banyak hal apa yang Anda harapkan baik.

Anda harus berhati-hati dalam memilih host, dan jangan asal-asalan, karena jika ada banyak masalah dalam sehari, Anda akan sangat merepotkan. Misalnya, ketika situs Anda mulai menarik banyak pengunjung, server biasanya mati, sehingga tidak dapat diakses atau sulit diakses. Di sinilah letak masalahnya, karena Anda harus segera memindahkan server sekarang juga.

Sayangnya, pemindahan hosting dari satu virtual host ke virtual host lainnya bukanlah tugas yang mudah, setidaknya proses yang agak detail dan panjang. Anda harus mengaturnya lagi di sana-sini, dan Anda harus mencadangkan dan menginstal platform lagi. Ini memang sebuah pekerjaan yang akan memakan banyak waktu, dan tentunya akan menarik perhatian anda pada pekerjaan yang lebih penting lagi dalam mengelola web / blog.

Anda perlu memahami kualitas layanan yang diberikan oleh web hosting yang akan memilih untuk menjadi tuan rumah situs web tersebut. Jika Anda masih enggan membangun situs web / blog yang dihosting sendiri, Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan blog domain khusus di sini. Anda hanya perlu membeli domain, dan masalah server lainnya tidak perlu dipertimbangkan. Ini adalah urusan penyedia layanan. Namun membeli nama domain juga harus melalui penyedia nama domain yang sesuai, karena beberapa website penjual nama domain tidak begitu fair, misalnya akan sulit untuk mengunci atau menyulitkan Anda untuk mengganti layanan atau mentransfer nama domain tersebut. ini baik? …. Tidak sesederhana itu ...


Tips memilih web host yang bagus untuk situs web Anda, blog Wordpress atau situs web lain:


Pastikan CS Responsive 24/7

Pertama, pastikan respons layanan pelanggan mereka selalu siap membantu pelanggan 24/7. Caranya adalah dengan mencoba menghubungi mereka menggunakan kolom chat di website mereka. Perusahaan web hosting profesional biasanya menggunakan fungsi obrolan yang terhubung ke CS untuk meningkatkan situs web resmi mereka. Coba tanyakan apakah Anda pelanggan mereka dan tanyakan tentang hosting. Misalnya, pada jam 12 siang, jika situs web berisi respons layanan 24/7, apakah mereka benar-benar merespons?

 

Memiliki Kelas Hosting Yang Cukup Bervariasi Misalnya Bronze, Silver Atau Gold .

Dengan beberapa opsi, Anda dapat memilih paket perangkat lunak apa pun dan memutakhirkan paket perangkat lunak apa pun yang diperlukan. Misalnya ketika blog Anda masih sepi dan tidak membutuhkan banyak space / storage space dan bandwidth, Anda bisa memilih yang paling murah. Jika suatu saat mulai ramai dan membutuhkan resource lebih, Anda bisa mengupgrade paket hosting sesuai kebutuhan dan kemampuan.

 

Memberikan pembayaran atau siklus penagihan terpendek.

 Webhosting menerapkan berbagai aturan penagihan kepada pelanggannya, baik itu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau setiap tahun. Pilih penyedia layanan web hosting yang menyediakan sistem penagihan terpendek. Jika memungkinkan, isi sekali sebulan. Jika sulit atau tidak dapat menemukannya, Anda hanya perlu memilih tiga bulan.

Mengapa demikian?  Ini adalah cara untuk menguji kualitas dan status layanannya. Jika kurang puas bisa langsung pindah, jika setiap tahun tidak akan ada kerugian pembayaran awal yang besar. Misalnya Anda memilih paket 1 tahun, tapi ternyata semuanya tidak terduga. Dengan kata lain, di bulan pertama, Anda tidak puas dengan layanan mereka, sehingga Anda harus menunggu satu tahun lagi untuk mencapai keseimbangan. Ya, Anda bisa langsung pindah, tetapi masalahnya adalah Anda telah membayar biaya tinggi selama 1 tahun dan tidak dapat dikembalikan. Kalah? tentu saja…

 

Hosting memiliki server sendiri

Banyak perusahaan web hosting tampaknya merupakan perusahaan besar, tetapi kenyataannya mereka masih menjadi reseller perusahaan hosting besar. Ini bukanlah masalah yang sebenarnya, namun penyedia layanan reseller hosting bukanlah sebuah perusahaan, melainkan mungkin hanya dikelola oleh perorangan saja, sehingga resiko ketidakpuasan sangat tinggi.

Catatan: Dealer bukanlah orang jahat, dan beberapa penjaga juga sangat baik. Kebalikannya juga benar, bukan berarti virtual host besar seperti PT harus memiliki kualitas server yang baik. Jadi inilah mengapa saya menulis artikel ini, karena sulit menemukan penyedia layanan web hosting yang baik dan sepadan. Coba browsing di adsid, disana banyak reseller / penyedia hosting pribadi murah dan murah. Tanyakan apakah ada server Indonesia dan apakah perlu menargetkan pengunjung Indonesia.

Penyedia layanan web hosting besar biasanya memiliki server fisik sendiri di pusat data, seperti server XII di Indonesia. Bagaimana kamu tahu? Biasanya sudah ada badan hukum yang jelas PT atau CV. Dan untuk menekankan bahwa mereka juga menyediakan server hosting Indonesia atau server XII. Anda juga bisa mengecek keberadaan kantornya, dan jika rumah Anda jauh, Anda bisa melihatnya menggunakan Google Maps.

 

Menyediakan unlimited bandwidth untuk paket apapun.

Bandwidth sangat penting, walaupun tidak unlimited, tapi untuk blog pribadi mungkin 1000GB sudah cukup, apalagi jika masih baru dibangun. Mengapa bandwidth penting? Karena jika situs Anda habis Anda tidak akan bisa mengaksesnya, dan tentunya Anda harus menambah bandwidth, atau Anda bisa membayar lagi.

 

Bisa setting DNS sendiri

Fungsi DNS adalah cara untuk menghubungkan domain Anda ke server hosting. Ini berguna jika Anda memiliki nama domain yang dibeli di tempat lain. Anda dapat dengan bebas memasukkan pengaturan DNS di sini, termasuk data A, data MX, data Cname, dll.

 

Pastikan Anda memiliki kebebasan untuk mengelola domain sepenuhnya.

Artinya domain Anda tidak terkunci, jadi Anda bebas mentransfer domain tersebut kemana saja. Tapi untuk ini, menurut saya tidak banyak hal yang bisa memberikan kebebasan penuh, tapi setidaknya Anda bisa memastikan bahwa Webhoster memiliki catatan yang bagus untuk waktu yang lama dan kantornya jelas.

Mengapa demikian? Jika anda memesan nama domain disana, dan suatu saat ada masalah dengan nama domain anda, anda bisa langsung ke kantornya untuk penjelasan. Misalnya: jika Anda kehilangan alamat email pendaftaran nama domain, lupa kata sandi, dll., Anda dapat kehilangan nama domain Anda, karena satu-satunya hal yang dapat Anda percayai adalah email Anda. Jika tidak tahu dimana kantornya atau kemana harus komplain, akan sulit dikemudian hari karena alamat emailnya hilang dan password client area hosting juga lupa

 

Rekam jejak

Periksa reputasi mereka, kapan mereka mulai ada, dll. Semakin lama berdirinya, semakin banyak pengalaman yang umumnya mereka miliki di dunia hosting dan pelanggan mereka banyak. Jika sebuah perusahaan kehilangan uang karena lebih sedikit pelanggan, perusahaan mana yang dapat bertahan selama bertahun-tahun?  Tidak hanya untuk memiliki reputasi, tetapi juga untuk melihat rekam jejak mereka. Anda dapat melakukannya dengan menelusuri menggunakan kata kunci tertentu di mesin pencari, seperti "hosting lambat" atau "hosting tidak merespons email", dll.

 

Lihat situs siapa saja yang menghosting disana

Biasanya perusahaan web hosting besar dan terpercaya akan menarik pelanggan yang tidak main-main, yaitu website milik perusahaan besar. Biasanya logo situs web perusahaan terkenal sebagai klien akan ditampilkan di situs web host situs web. Tapi jangan percaya, tentunya kamu bisa mengecek whois perusahaan tersebut di website whois.

 

Pilih lokasi server yang sesuai dengan target pengujung situs Anda

Jika web/blog kamu bertarget pengunjung dari Indonesia, sebaiknya kamu pilih server Indonesia atau server IIX. Kalau target US tentu pilih server US.

Baca Juga : 

 

Jangan tergiur harga miring / murah

Jangan sampai tertarik dengan harga murah. Kembali ke poin sebelumnya, periksa dulu kredibilitas Webhoster. Sekalipun harganya tinggi, kualitas yang baik mungkin tidak dijamin.

 

Bertanyalah pada CS jika ada kesulitan atau ada yang tak jelas

Inilah mengapa saya membahas masalah layanan pelanggan ini di awal artikel ini, karena ini sangat penting. Tanyakan sesuatu sebelum atau sesudah menjadi pelanggan ketika Anda memiliki masalah atau keuntungan lain yang berhubungan dengan hosting. Jangan pernah malu bertanya, karena menjawab adalah tanggung jawab mereka.

Jika Anda mengalami masalah kapan saja, dan CS sulit dihubungi atau tidak dapat menyelesaikan masalah penginangan, kami menyarankan Anda untuk segera bermigrasi.

 

Semoga Bermanfaat




Bagikan Artikel :