Sintaks CMD Yang Sering Digunakan Untuk Jaringan

| |
Sintaks CMD Yang Sering Digunakan Untuk Jaringan

SeputarCoding.com -  Hallo Selamat Datang kembali di Situs Gudang Download Source Code Aplikasi Terlengkap dan gratis, kali ini seputarcoding akan membagikan informasi tentang Sintaks CMD yang Sering Digunakan Untuk Jaringan.

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui perintah command prompt yang bisa digunakan untuk melihat kondisi jaringan lokal dan internet. Beberapa alat berbasis teks mungkin lebih ringan daripada alat berbasis GUI atau grafis saat runtime. Sekarang, mungkin Anda dapat menjalankan beberapa alat berikut untuk memeriksa status jaringan, terlepas dari apakah laptop atau PC terhubung dengan benar.

 

Pengertian CMD (Command Promt)

CMD adalah singkatan dari Command Promt. Istilah ini bisa didefinisikan sebagai suatu perintah DOS yang disampaikan dalam bentuk text. Dengan CMD, anda bisa mengakses komputer sebagaimana anda mengaksesnya melalui windows explorer. Tapi perlu diketahui juga, ternyata CMD ini memiliki fungsi lain yang begitu signifikan. Malah ada pihak tidak bertanggung jawab yang menggunakan CMD sebagai salah satu sarana melakukan peretasan.

Kode CMD Seringkali digunakan oleh para cracker untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda. Karenanya bagi anda yang sering berselancar di dunia maya, ada harus ekstra hati hati. Instalkan antivirus original dan selalu aktifkan windows firewall supaya komputer anda tidak mudah untuk ditembus oleh orang orang tidak bertanggung jawab di luar sana. Jika password administrator anda sampai didapatkan oleh mereka, CMD ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda.

 

Fungsi CMD yang harus anda tahu

Bagi anda yang masih awam, pastikan anda tahu kalau CMD memiliki banyak fungsi yang akan sangat bermanfaat bagi anda. Semakin banyak fungsi CMDyang anda kuasai, sudah tentu semakin besar keuntungan yang anda dapatkan.

 

Kumpulan perintah CMD Untuk Jaringan

1. ipconfig

Perintah Ipconfig digunakan untuk mengetahui informasi IP Address, Subnet Mask dan IP Getway pada sebuah jaringan, jika kondisi jaringan menggunakan DHCP maka perintah ini sangat bermanfaat sekali untuk mengetahui IP Address yang di dapatkan dari server DHCP.

 

2. ipconfig /all

Perintah ipconfig /all fungsinya sama dengan ipconfig, namun infirmasi yang ditampilkan akan lebih terperinci jika dibandingkan ipconfig. Informasi adapter jaringan akan ditampilkan mulai dari IP Address, Mac Address dll.

 

3. ipconfig /renew

IPconfig /renew fungsinya untuk memperbaharui konfigurasi IP Address pada komputer dan juga mengaktifkan kembali koneksi ke jaringan. 

 

4. ipconfig /release

ipconfig /release adalah perintah yang bertujuan untuk menghapus atau mereset semua konfigurasi IP address. Setelah perintah ini dijalankan konfigurasi IP address komputer menjadi kosong, koneksi seperti dinonaktif dan diaktifkan lagi tetapi komputer tidak mendapatkan konfigurasi IP address dari DHCP server.

5. ipconfig /flushdns

Jika anda baru mengganti alamat DNS yang baru akan tetapi tidak segera mendapatkan efek dari DNS, mungkin Windows masih menggunakan fitur DNS yang lama, yaitu cache DNS. Untuk membersihkan DNS cache, anda dapat menggunakan perintah ipconfig /flushdns setelah mengganti DNS server.

6. ipconfig /displaydns

Perintah ini digunakan untuk menampilkan informasi DNS yang sudah tersimpan ke dalam komputer

7. Perintah ping

Jika anda ingin memeriksa koneksi sebuah situs atau ip address komputer di jaringan, maka bisa menggunakan perintah ping disertai dengan alamat situs atau ip address. Jika ping berjalan dengan lancar, artinya situs atau ip address tersebut terkoneksi dengan baik tidak mengalami masalah. Tetapi jika koneksi situs atau ip address muncul time out, artinya terjadi masalah koneksi. Contoh perintah, ping www.google.com

8. tracert

Perintah tracert digunakan untuk memeriksa situs atau alamat ip yang ingin kita akses, seberapa banyak routing yang dilakukan untuk menuju ke alamat situs atau ip yang kita tracert. Contoh perintah, tracert www.google.com

9. netstat (network status)

Netstat adalah perintah di command prompt yang berfungsi untuk menampilkan statistik koneksi jaringan dari dan ke komputer. Netstat bisa disamakan seperti taskmanager, perbedaannya taskmanager menampilkan proses dan aplikasi yang sedang berjalan sedangkan netstat menampilkan layanan jaringan yang sedang dipakai beserta informasi tambahan seperti ip dan portnya. Intinya netstat digunakan untuk monitoring jaringan.

10. netstat -n

Hampir sama dengan perintah netstat, perbedaannya tampilan foreign adress dalam bentuk IP bukan domain. Nama layanan juga tidak tampak, yang ada adalah port yang sedang diakses.

11. netstat -b

Dengan parameter nestat -b kita bisa melihat nama program yang mengakses layanan jaringan, dengan perintah ini kita juga bisa mendeteksi ada malware atau tidak di komputer kita.

12. netstat -s

Dengan menggunakan perintah netstat -s kita bisa menampilkan statistik jaringan dengan cukup lengkap.

 

Baca Juga : 

 

Demikianlah beberapa informasi dari Seputar Coding tentang Sintaks CMD yang Sering Digunakan Untuk Jaringan. Jika teman-teman masih belum paham, silakan tinggalkan komentar di bawah.




Bagikan Artikel :