Tugas Dan Fungsi Dari Komputer Server - Fungsi Server

| |
Tugas Dan Fungsi Dari Komputer Server - Fungsi Server

Fungsi komputer server Fungsi komputer server dalam jaringan komputer adalah komputer yang terhubung ke jaringan komputer yang memiliki fungsi mengendalikan jaringan komputer. Komputer ini dapat mengakses semua komputer dalam jaringan. Tidak seperti komputer lain di jaringan, server adalah komputer khusus yang diatur untuk satu atau beberapa tujuan.

Misalnya, pengguna dapat mengatur server untuk verifikasi identitas, dan mengizinkan atau melarang pengguna untuk mengakses jaringan, mengirim / menerima file, mengirim melalui email, mengelola dan mencetak pekerjaan, atau meng-host situs web.

Karena server biasanya memenuhi permintaan selama 24 jam, server pada jaringan besar biasanya tidak pernah ditutup. Karena tugas yang berat, komputer server dibuat secara khusus. Bisakah semua komputer bertindak sebagai server? Bukan dalam skala besar, tetapi dalam skala kecil, seperti laboratorium sekolah, komputer klien dengan memori dan prosesor yang lebih besar cukup untuk digunakan sebagai server.

Tugas utama komputer server

Tanggung jawab dan fungsi komputer server tergantung pada penggunaan komputer server. Saya akan menjelaskan klasifikasi server pada tahap selanjutnya.

Fitur Server

Server yang Anda pilih untuk organisasi Anda harus memenuhi persyaratan tertentu. Itu harus memiliki cukup memori atau RAM untuk mengakomodasi jumlah kueri yang dijalankan oleh komputer klien. Misalnya, di lab komputer, ada 50 komputer siswa yang bertanya secara bersamaan, sehingga server akan sangat sibuk.

Aspek selanjutnya adalah kecepatan prosesor. Kecepatan prosesor biasanya diukur dalam gigahertz (Giga Hertz) dan membutuhkan kecepatan yang cukup untuk menjalankan semua perintah yang diminta oleh pengguna. Kecepatan prosesor optimal adalah mutlak, karena perlu memberikan kemampuan multitasking. Kapasitas penyimpanan hard disk komputer server harus cukup besar untuk dapat menyimpan semua data. Dalam jaringan, pengguna komputer biasanya menyimpan informasi di komputer server agar mudah dibagikan.

Jenis Server

Dedicated Server

Server pribadi Jenis dan fungsi komputer server melakukan fungsi tertentu, seperti hosting situs web. Ada berbagai layanan hosting web yang menggunakan server khusus untuk hosting situs web. Setelah membayar jumlah tertentu, Anda dapat mengunggah halaman web ke server komputer mereka. Mereka akan bertanggung jawab untuk meng-hosting situs web Anda. Server seperti itu harus sangat kuat karena mereka harus menangani lalu lintas jaringan yang mencoba mengakses halaman web yang ada di dalamnya.

Shared Server

Komputer server bersama adalah server biasa yang digunakan oleh banyak pengguna dalam jaringan. Sejumlah besar aplikasi, database, dll. Tersimpan di dalamnya. Pengguna yang berbeda terhubung ke server dan mengakses server sesuai dengan kebutuhan mereka. Server tidak harus sama dengan server khusus. Contoh paling umum dari server semacam itu adalah server aplikasi. Fungsi server aplikasi komputer menyimpan semua informasi yang dibutuhkan oleh orang-orang di jaringan.

Di banyak organisasi, terminal virtual biasanya disediakan untuk karyawan. Ini berarti bahwa mereka memiliki keyboard komputer dan monitor komputer, tetapi seluruh proses dan penyimpanan adalah fungsi yang dilakukan pada komputer server. Komputer klien tidak memiliki hard disk yang terpisah, tetapi menyimpan data pada server hard disk komputer.

Baca Juga : 




Bagikan Artikel :