Ini Dia Penyebab Komputer Atau Laptop Sering Hang Lag

| |
Ini Dia Penyebab Komputer Atau Laptop Sering Hang Lag

Dengan perkembangan zaman, tuntutan akan perangkat seperti komputer dan komputer laptop sudah menjadi kebutuhan, terutama komputer laptop yang memiliki nilai praktis dibandingkan dengan komputer pribadi atau komputer desktop. Kini, laptop sudah menjadi kebutuhan wajib bagi pelajar, pelajar, guru dan pengusaha.

Nah, berikut akan sharing sedikit cara berupa tips dan trik cara mengatasi laptop hang yang berasal dari beberapa sumber online. cara yang akan dipaparkan berikut ini mudah dan bisa langsung dicoba, yuk langsung aja simak berikut ini :

1. Masalah RAM Laptop yang Terlalu Kecil!

Memori RAM laptop berkapasitas kecil memiliki potensi untuk hang atau crash. Biasanya pengguna laptop awam tidak melihat spesifikasi laptop yang dimilikinya. Ketika bergaul dengan teman sebaya, melihat berbagai aplikasi menarik, dia ingin memilikinya juga, sehingga banyak aplikasi yang terinstal. Akibatnya laptop tidak kuat menjalankan multitasking sehingga hang.

Cara mengatasinya mudah, pertama coba cek dulu spesifikasi laptop, terutama kapasitas RAM, jika kapasitas RAM 1GB, maka coba upgrade minimal 2 GB atau pilih aplikasi yang penting saja sesuai kebutuhan. Jika menginginkan aplikasi edit foto dsb, coba cari yang portable saja.

Starup program dan service yang berjalan disaat menyalakan laptop pertama kali ini juga bisa membuat laptop hang. Kenapa? karena banyaknya program yang terinstal dan kemudian melakukan starup diawal windows tampil. Biasanya program-program seperti antivirus (smadav, avast, dll), program update (adobe, IDM dll), dan tool-tool yang disetting muncul pada saat startup.

Cara mengatasi hal tersebut cukup mudah, yakni menggunakan system configuration yang ada pada semua windows, baik itu XP, 7, 8, atau 10. Langkah-langkahnya mudah :

  1. Klik Tombol Windows+R — Kemudian Ketik msconfig — Pilih serviceUncheck pada aplikasi yang tidak diperlukan.
  2. Pilih starup — Uncheck juga pada aplikasi yang tidak diperlukan — Kemudian Klik OK

Baca Juga : 

2. Cara Mengatasi Laptop Hang Karena File Temporary Terlalu Banyak

File temporary yang terlalu banyak ini juga bisa menyebabkan laptop hang atau crash secara mendadak. Hal ini dipicu karena sebelumnya kita melakukan berbagai aktifitas multitasking dan historynya tersimpan pada file temporary. Baik itu dalam hal instal dan uninstal, menghapus dan memindahkan, dan berbagai hal lainnnya.

Cara mengatasinya juga mudah, cukup menggunakan program disk cleanup yang sudah ada di windows untuk menghapus file temporary. Langkah-langkahnya :

Tekan Tombol Windows+R — Ketik cleanmgr — pilih drive — tunggu sampai proses cleanup selesai.

3. Cara Mengatasi Laptop Hang Karena Hardisk Aus

Hardisk lama kelamaan terpakai dan mulai terfragmentasi karena seringnya penggunaan laptop. Dalam hal ini, hardisk akan aus dan bahkan bisa rusak, gejalanya mulai dari laptop restart sendiri, mati sendiri bahkan hang.

Cara menjaga agar tidak sampai aus meskipun nantinya juga aus, paling tidak bisa memberikan waktu lebih lama. Caranya yakni melakukan defragment 2 minggu atau 1 bulan sekali. Langkah-langkah melakukan defragment hardisk sebagai berikut :

Klik start menu — Pilih AccesoriesSystem toolDisk Fragmenter — Ikuti langkah selanjutnya

Proses ini biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, namun tergantung dari seberapa banyak crash atau juga file yang berserakan.




Bagikan Artikel :